Beranda » » » Trik Membuat Chat Room di Blog » Komentar Postingan 3 komentar

Bosan dengan aktifitas blogging yang hanya posting artikel, blogwalking, buka buku tamu sambil lihat yang ninggalin jejak entah yang ninggalin jejak itu masih hinggap di blog kita atau dah lenyap. Pengen punya sesuatu yang baru yang bisa biuat kita betah untuk ngeblog? Asik gak kalau kita bisa chating dengan para pengunjung blog kita  seperti layaknya layanan chat kayak di YM dan FB, kita dapat mengetahui siapa saja yang lagi online. Nah aku mau bagi trik nya neh, kata Rasul Ku Muhammad SAW, yah kebetulan aku muslim, "Sampaikanlah Ilmu Itu Walau Satu Ayat", jadi aku pengen berbagi dech buat sobat blogger tentang trik ini tetapi dikit curhat dulu tentang kenapa aku bisa dapat layanan ini. Sebelumnya aku udah nanya sahabat blogger lainnya tentang trik ini namun yang dikasih malah bikin berat blog karena dipasangnya di halaman utama. Oke langsung saja, tetapi sebelum aku kasih triknya dengarkan ceritaku tentang kenapa aku dapat layanan ini, ini ceritanya.
Sejak pagi aku bingung banget kok buku tamu aku tuh gak bisa kebuka padahal aku pakai layanan cbox bukan shoutmix, yah kalau shoutmix mungkin dapat dimaklumi karena pengguna shoutmix diharuskan mengupgrade acountnya menjadi premium, nah kok cbox ikut-ikutan bermasalah juga neh, setelah mikir-mikir mungkin karena banyaknya pengguna shoutmix yang beralih ke cbox makanya cbox kaget dengan pengguna yang ngelonjak jadinya eror-eror mulu buku tamu ku. Kok bicarakan buku tamu sih, kan judulnya Trik Membuat Chat Room di Blog eh malah nyangkut ke Buku tamu. Yah kata orang kalau cerita itu harus dari sumber permasalahannya biar jelas dech. Yang penting sabar pasti gue kasih tau triknya kok,
Oke lanjut, karena bosan nunggu maklum aku orangnya gak sabaran langsung aja pengen ganti layanan buku tamu, aku jalan-jalan deh ke blog sahabat, lihat-lihat, komen-komen dan follow akhirnya sampai juga sama satu blog sahabat Attayaya Belajar yang lagi ngasih alamat penyedia layanan chatbox, guestbook, shoutbox, tagboard widget. Sebenarnya aku gak ngerti istilah-istilah itu yang aku tau tuh layanan untuk buat buku tamu dan chat room di blog. Dari sekian banyak banyak link yang ia kasih aku kecantol sama satu penyedia layanan Guestbook dan Chatroom dari 99 Chat. Aku kecantol sama layanan ini karena cukup simpel dan keren loh widgetnya. Kalau gak percaya lihat aja buku tamu aku disini. Nah ternyata layanan ini juga menyediakan layanan widget chat room, aku lebih suka dengan layanan chat room ini karena setiap pengunjung blog langsung bisa masuk ke chat room tanpa registrasi terlebih dahulu, hanya perlu masukkan Nick Name saja gak seperti yang lainnya harus registrasi dulu baru bisa ikut join ke chat room. Pengen ngerasain chat room aku? Lihat aja chat room aku disini. Nah itulah ceritanya kenapa sampai aku bisa nemuin trik ini. Sekarang giliran nya bagi triknya ke sahabat blogger. Nih triknya, sebelumnya ucapkan Bismillah, trus siapkan kopi dan sebatang rokok biar lebih fokus biar gak banyak nanya lagi, he,,,he,,,

Trik Membuat Chat Room di Blog

Pertama sobat blogger harus registrasi terlebih dahulu ke layanan ini untuk mendapatkan script widgetnya. Yang mau registrasi silahkan masuk ke ruangan ini, kalau yang gak mau silahkan cari ruangan lain, he,,,he,,,
Nah setelah itu sobat blogger akan masuk ke halaman 99 Widget serti gambar berikut




Trik Chat Room Blog 1






Nah disitu ada 5 pilihan widget, nah jika sobat blogger ingin buat chat room maka sobat blogger klik 99chats seperti yang terlihat pada gambar. Stelah itu akan terbuka tab baru, silahkan sobat blogger klik sign up now seperti yang terlihat pada gambar berikut.



Trik Chat Room Blog 2




Setelah sobat blogger klik sign up now, sobat blogger akan dibawa ke form sign up, silahkan isi sesuai kolom yang disediakan kemudian klik sign UP.



Trik Chat 3




Nah selesai deh triknya,,, He,,he,,, oke setelah sobat blogger klik Sign up maka sobat blogger akan masuk pada halaman ngedit-ngedit atau namanya halaman untuk buat widget chat room sobat blogger, sobat blogger bisa ngedit widget sobat sesuai selera sobat. Halaman nya kayak gambar berikut



Trik Chat 4







Nah sobat blogger tinggal masukkan Room Name dengan nama room tempat chat sobat seperti punyaku tuh cs.AP[Chat Room], trus biar gak banyak pilihannya silahkan sobat klik do not display chat room in our category biar chat room sobat gak punya kategori. trus sobat blogger bisa pilih tema atau tampilan chat room sobat di kotak theme, sobat juga bisa buat tema sendiri kok caranya klik aja tab My themes yang ada di bagian atas dan silahkan berekspresi dengan tema sobat. Nah kali ini pakai yang standar yang ada dipilihan aja, he,,, he,,, Seperti yang sobat lihat aku milih tema wood. Pada kolom Size isikan sesuai ukuran widget yang sobat sukai. Setelah semua selesai silahkan sobat blogger klik Continue maka sobat blogger akan dibawa ke halaman seperti ini.




Trik Chat 5





Silahkan sobat blogger copy code yang diatasnya yaitu code Object embed lalu sobat buat postingan baru dan pastekan kode script nya pada postingan sobat dengan sembelumnya klik html trus pastekan kodenya, silahkan publiskan postingan sobat dan lihat hasilnya. Kenapa aku sarankan masukkan ke postingan? Yah agar tidak mengganggu halaman blog sobat yang lainnya jadi room chat hanya ada pada suatu postingan aja dan juga agar room chatnya bisa tampil lebih besar dari pada dipasang di widget blog. Silahkan lihat hasilnya pada postingan sobat, hasilnya akan seperti punya gue nih









Untuk sobat blogger yang mau gabung untuk chat tinggal masukkan aja Nick Name trus Klik Join maka Sobat blogger siap untuk berchating ria seperti gambar ini.









Tralaaaaa selesai dech triknya, akhirnya aku bisa ngasih trik-trik lagi walau trik kali ini berbelit-belit tetapi semoga sobat blogger bisa memahaminya. Jangan Lupa komentarnya dan folow nya ya!

3 comments

18 Januari 2012 pukul 20.42

makasih yaa..sekarang aku punya chat room baru ^^ ku cantumin link blog kmu d tutorialku yaa :) terima kasih sudah berbagi ilmu..

18 Januari 2012 pukul 21.57

Mantap, makasih brooo.. :D

18 Januari 2012 pukul 23.29

Oke,,, trima kasih juga smuanya yang dah setia lihat tutor-tutor ku, aku hanya sedikit berbagi pengalaman aja! he,,he,,,

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink