Beranda » » Thomas Alva Edison » Komentar Postingan 12 komentar

Thomas Alva Edison

"Jenius adalah 1 persen ide cemerlang dan 99 persen kerja keras"

Thomas Alva Edison merupakan salah satu penemu yang paling fenomenal. Ia lahir pada tanggal 11 Februari 1847 dan meninggal 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun. Ia adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting. Si Penyihir Menlo Park ini merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuan.


Pada masa kecilnya di Amerika Serikat, Edison selalu mendapat nilai buruk di sekolahnya. Oleh karena itu ibunya memberhentikannya dari sekolah dan mengajar sendiri di rumah. Di rumah dengan leluasa Edison kecil dapat membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan berbagai percobaan ilmiah sendiri. Meskipun tidak sekolah, Edison kecil menunjukkan sifat ingin tahu yang mendalam dan selalu ingin mencoba. Pada usia sebelas tahun Edison membangun laboratorium kimia sederhana di ruang bawah tanah rumah ayahnya. Pada Usia 12 tahun ia mulai bekerja sebagai penjual koran, buah-buahan dan gula-gula di kereta api. Kemudian ia menjadi operator telegraf, Ia pindah dari satu kota ke kota lain. Di New York ia diminta untuk menjadi kepala mesin telegraf yang penting. Mesin-mesin itu mengirimkan berita bisnis ke seluruh perusahaan terkemuka di New York.


Pada tahun 1870 ia menemukan mesin telegraf yang lebih baik. Mesin-mesinnya dapat mencetak pesan-pesan di atas pita kertas yang panjang. Uang yang dihasilkan dari penemuannya itu cukup untuk mendirikan perusahaan sendiri. Pada tahun 1874 ia pindah ke Menlo Park, New Jersey. Disana ia membuat sebuah bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama di dunia. Setelah itu ia banyak melakukan penemuan-penemuan yang penting. Pada tahun 1877 ia menemukan Gramofon. Dalam tahun 1879 ia berhasil menemukan lampu listrik kemudian ia juga menemukan proyektor untuk film-film kecil. Tahun 1882 ia memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di kota New York. Hal ini adalah pertama kalinya di dunia lampu listrik di pakai di jalan-jalan. Pada tahun 1890, ia mendirikan perusahaan General Electric.

Edison merupakan salah seorang pencipta paling produktif pada masanya, ia memperoleh rekor 1.093 paten atas namanya. Ia juga banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan Amerika Serikat. Beberapa penelitiannya antara lain : mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan masih banyak lagi. Ia meninggal pada usianya yang ke-84, pada hari ulang tahun penemuannya yang terkenal, bola lampu modern.

Sumber: Wikipedia

12 comments

30 Oktober 2012 22.59

klo ga ada si Thomas... mungkin si tikus Jerry dah berkeliaran kemana mana ... [ehh Tom & Jerry] . maaf bercanda

31 Oktober 2012 01.06

wahhh manteb nih, nambah lagi pengetahuan :))

31 Oktober 2012 01.27

jadi legenda itu ga perlu harus pintar ya mas..bukti nyata pak Thomas ini,,,salut dg perjuangannya...

adakah Thomas2 itu lagi ??? Insya Allah

31 Oktober 2012 11.31

@Ahmad Rizal Samsi Ha,,,ha,,, betul tuh sob, karena kita kegelapan, ha,,ha,,

31 Oktober 2012 11.32

@Bang Dayat Yops, thanks dah berkunjung dan baca-baca di blogku!

31 Oktober 2012 11.57

@mimi Yups betul, seperti kata Thomas Jenis merupakan 1 persen dari ide cemerlang dan 99 persen kerja keras, jadi dengan kerja keras maka potensi kita akan muncul! Ho,,,ho,,, Gak ada orang bodoh! Semuanya pintar, he,,he,, btw makasih dah berkunjung!

1 November 2012 01.16

Kunjungan perdana sobat :) sambil baca2
visit n koment back y dblogq :)
klo boleh skalian follow blogq y nnti ak folback.

1 November 2012 10.48

@Achsan MassiveBjn Makasih ya dah berkunjung n baca-baca di blogku, oh iya kalau mau blognya di follow maka followlah terlebih dahulu blog orang he,,he,,

3 November 2012 16.44

panutan ku itu sob.. hee... keren keren. sob... tampilannya wih..

4 November 2012 07.02

@ariflaw Wohoho makasih sob, iya emang dia tokoh yang hebat!

9 November 2012 01.34

tanpa adanya penemu,mungkin teknologi tidak akan maju seperti sekarang
terlebih lagi kita harus kompeten atas segala sesuatu dengan baik

9 November 2012 01.50

@Trisna N Yups betul tuh bro! Para penemu membawa perubahan besar!

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink