Beranda » » Vampire » Komentar Postingan 18 komentar

Vampire

Begitu banyak Mitos yang ada di Dunia ini. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di belahan Bumi lainnya memiliki Mitos yang beragam. Percaya dan tidak percaya Mitos sudah menjadi sebuah tradisi yang diyakini kejadiannya benar-benar ada. Salah satu Mitos tersebut yaitu "Vampire". Vampir adalah tokoh dalam mitologi dan legenda yang hidup dengan memakan intisari kehidupan (biasanya dalam bentuk darah) dari makhluk hidup lain. Meskipun kepercayaan terhadap setan penghisap darah terdapat dalam berbagai budaya dan telah ada sejak zaman kuno, istilah vampir sendiri baru populer pada awal abad ke-18 setelah masuknya legenda vampir ke Eropa Barat dari daerah Balkan dan Eropa Timur. Di daerah-daerah tersebut juga terdapat legenda mengenai makhluk-makhluk seperti vampir, misalnya vrykolakas di Yunani dan strigoi di Rumania yang juga ikut meningkatkan kepercayaan vampir di Eropa.

Vampir umumnya diceritakan keluar dari makamnya pada malam hari untuk menggigit orang-orang dengan taringnya yang panjang dan mengisap darah mereka. Korban yang digigitnya biasanya akan menjadi vampir juga. Menurut beberapa mitos, vampir tidak tampak di cermin karena mereka tidak memiliki jiwa. Dalam cerita fiksi modern, vampir bisa menjelma menjadi kelelawar, serigala, bahkan gumpalan gas, dan harus menjauhkan diri dari sinar matahari.

Kata vampire dalam bahasa Inggris pertama kali muncul pada tahun 1734 dalam sebuah cerita berjudul Travels of Three English Gentlemen yang diterbitkan dalam Harleian Miscellany pada tahun 1745. Setelah Austria menguasai daerah utara Serbia dan Oltenia pada 1718, pejabat setempat menyadari adanya masyarakat lokal yang melakukan praktik penggalian jenazah dan "pembunuhan vampir". Laporan ini kemudian disebarkan ke masyarakat luas.

Istilah bahasa Inggris, vampire, berasal dari bahasa Jerman vampir (kemungkinan melalui bahasa Perancis: vampyre). Bahasa Jerman sendiri mengambilnya pada awal abad ke-18 dari bahasa Serbia, вампир/vampir. Istilah tersebut masuk ke bahasa Jerman pada masa ketika Serbia masuk dalam Kekaisaran Austria, pada saat itu diceritakan adanya seorang vampir bernama Arnold Paole.

Penggunaan pertama bentuk Rusia kuno, Упирь (Upir), terdapat dalam dokumen yang bertahun 6555 (1047 M). Itu merupakan tanda penerbit dalam sebuah manuskrip dari Kitab Mazmur yang ditulis oleh seorang pendeta yang menyalinnya dari Aksara Glagolitik ke aksara Sirilik untuk pangeran Novgorod, Volodymyr Yaroslavovych. Sang pendeta menuliskan namanya "Upir' Likhyi " (Оупирь Лихыи), yang bermakna "Vampir jahat" atau "Vampir busuk". Nama yang aneh ini disebut sebagai contoh paganisme dan penggunaan nama julukan sebagai nama pribadi.

Kepercayaan terhadap vampir telah ada selama berabad-abad. Kebudayaan Mesopotamia (termasuk Lilith dan Edimmu dalam mitologi Sumeria, Assyria, dan Babylonia), Yahudi, Yunani kuno, dan Romawi kuno menceritakan mengenai setan atau roh yang mirip dengan vampir modern. Tetapi vampir yang dikenal sekarang berasal dari Eropa Tenggara abad ke-18.

Dalam sebagian besar cerita rakyat, vampir adalah mayat hidup, korban bunuh diri, atau penyihir tetapi vampir juga bisa diciptakan dari roh jahat yang masuk ke suatu mayat dan melalui gigitan vampir lain. Legenda ini semakin lama semakin meluas dan bahkan di beberapa daerah menyebabkan histeria massal dan beberapa orang dituduh sebagai vampir.

Dalam legenda-legenda di Eropa, vampir biasanya digambarkan bertubuh membengkak dari tubuh normal dan berwarna merah gelap. Dalam peti matinya, vampir mengeluarkan darah dari mulut dan hidungnya dan kadang-kadang dengan mata kiri yang terbuka. Setelah dikubur, mayat yang merupakan vampir tetap mengalami pertumbuhan gigi, rambut, dan kuku.

Proses menjadi vampir berbeda-beda dalam beberapa kepercayaan. Di Slavia dan Cina, mayat yang dilangkahi oleh kucing atau anjing akan menjadi mayat hidup. Dalam kepercayaan Rusia, vampir adalah penyihir atau manusia yang semasa hidupnya menentang Gereja.

Ritual budaya kadang dilakukan untuk mencegah orang yang baru saja meninggal berubah menjadi mayat hidup, misalnya mengubur mayat secara terbalik atau menaruh benda-benda duniawi seperti arit atau sabit di dekat makam dengan maksud agar setan yang mendatangi mayat merasa senang atau supaya roh sang mayat merasa tentram sehingga tidak akan bangkit dari peti mati. Cara ini mirip dengan praktik penguburan orang Yunani kuno yang mengharuskan untuk menaruh sekeping obolus di mulut mayat supaya roh mayat tersebut bisa melewati sungai Styx.

Tradisi ini terus berkembang menjadi kepercayaan Yunani tentang vrykolakas, yang mana sebuah salib dan tembikar bertuliskan "Yesus Kristus berkuasa" ditaruh bersama mayat untuk mencegah mayat tersebut berubah menjadi vampir. Cara lainnya yang dipraktikkan di Eropa meliputi pemotongan tendon di lutut atau penaburan biji opium atau pasir di tanah pemakaman; Ini bertujuan agar sang vampir menghabiskan sepanjang malam dengan menghitung biji-bijian tersebut.

Dalam suatu cerita tradisional Cina, jika ada vampir yang melihat sekarung beras, maka vampir tersebut akan menghitung tiap butirnya; Mitos ini juga muncul di anak benua India dan dalam cerita masyarakat Amerika Selatan tentang penyihir dan roh jahat.


Sumber Tulisan :

Wikipedia



18 comments

13 September 2012 23.49

ini kamu pke efek apa nih? seperti yg bagian di tengah tampak terang. sedangkan disamping tampak gelap.

kamu pke gradient rgba kah? taroh di body kah?

13 September 2012 23.55

@Ahmad Rizal Samsi yah seperti itulah, cuma dia elemen sendiri yang nutupin semuanya!

14 September 2012 17.58

wiiihhh sejarah vampire ya.... serem banget sob... apa lagi lau sudah di gigit.... hehehe

wahhh gambarnya juga bagus sob... paras wajahnya lembut banget...lau di lihat nih,,,

15 September 2012 09.03

wahhhh k ady ternyata suka yang horor horor yach,......

15 September 2012 12.40

@amransyah m. satali He,,,he,, ya gitulah!

15 September 2012 12.41

@Ehwansah JailaniIya lembut menggigit sob, he,,,he,,

17 September 2012 20.55

@Ady Blink wkwkwk wahhh lau ceweknya yang vampirnya mungkin lembut sob..

tapi gak mau juga lah... heheh

17 September 2012 21.06

@Ehwansah Jailani Ha,,ha,,, gak berasa loh gigitannya, lembut banget, he,,he,, klo yang cowok baru brasa, he,,he,, btw makasih dah berkunjung!

18 September 2012 16.23

@Ady Blink oohh begitu ya sobat.... tapi lau berasa di gigit sakit juga sobat.. lebih baik gak usah berasa dah....

oohh tidak apa sobat... berkunjung nih tuk mengisi waktu ane yang lagi senggang aja....

18 September 2012 16.56

@Ehwansah Jailani Ha,,,ha,,, gitu ya, sob, ho,,ho,,,

19 September 2012 04.36

ih takut om :(

20 September 2012 07.11

. . serem juga liatnya. huhh . .

20 September 2012 18.32

@EGGI IMCYBER Ho,,,ho,,, gak apa-apa cewek kok, klo gigit malah bikin wenak,,, ha,,,ha,,,

20 September 2012 18.32

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ Ah masa sih,,, he,,he,,

@Ady BlinkHehehhee itu gambar vampire yang ditengah kan backgroundnya sudah hitam mas, jadi tinggal kasih background hitam ajah ke postnya......

@Ady BlinkHehehhee itu gambar vampire yang ditengah kan backgroundnya sudah hitam mas, jadi tinggal kasih background hitam ajah ke postnya......

Udah lama nie ndak berkunjung ke sini, emmm makin keren ajah nie blognya bang ady.... BTW aku suka post ini, oya nie kamu iklan dari kliksaya ta?

6 Oktober 2012 04.56

@The 7Bloggers | Seuntai Nasihat Untukmu Wanita Tuh dia paling tau, he,,he,,

Poskan Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink