Beranda » » Keutamaan Shalat Sunnah » Komentar

Keutamaan shalat Sunnah

Banyak hadits-hadits yang menjelaskan tentang besarnya keutamaan dan pahala yang diperoleh dari shalat sunnah. Di antaranya adalah:

1.Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya amal manusia yang pertama kali akan dihisab kelak hari kiamat adalah shalatnya.” Rasulullah SAW bersabda lagi, “Allah SWT berfirman kepada Malaikat-Nya, sedangkan Ia lebih mengetahui, ‘Lihatlah shalat hamba-Ku, sudahkah ia melaksanakannya dengan sempurna ataukah terdapat kekurangan?’ Bila ibadahnya telah sempurna maka ditulis untuknya pahala yang sempurna pula. Namun bila ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman: ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah?’ Bila ia memiliki shalat sunnah, maka Allah berfirman, ‘Sempurnakanlah untuk hamba-Ku dari kekurangannya itu dengan shalat sunnahnya.’ Demikianlah semua ibadah akan menjalani proses yang serupa.” (HR. Abu Dawud)

2.Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang melakukan shalat sunnah selain shalat fardhu dalam sehari dua belas raka’at maka Allah pasti akan membangunkan untuknya sebuah rumah di Surga.” (HR. Muslim)

3.Rubai’ah bin Ka’ab al-Aslami RA berkata:

“Suatu hari aku bersama Rasulullah SAW, lalu aku membawakan kepadanya bejana air untuk beliau berwudhu’ dan segala keperluannya. Beliau berkata kepadaku, ‘Mintalah!’ Aku berkata, ‘Aku meminta kepadamu untuk dapat menemanimu di Surga kelak.’ Beliau bertanya, ‘Adakah selainn itu?’ Aku menjawab, ‘Hanya itu saja.’ Beliau bersabda, ‘bantulah aku untuk mewujudkan keinginan itu dengan memperbanyak sujud.’” (HR. Muslim)

4.Mi’dan bin Abi Thalhah al-Ya’muri berkata:

“Aku bertemu Tsauban, bekas budak Rasulullah SAW, lalu aku berkata kepadanya, ‘Beritahukanlah kepadaku tentang amal ibadah yang jika aku lakukan, maka Allah akan memasukkanku karenanya ke dalam Surga!’ Ia terdiam, lalu aku bertanya lagi. Ia masih terdiam, lalu aku bertanya lagi ketiga kalinya. Akhirnya ia berkata, ‘Aku telah menanyakan masalah ini kepada Rasulullah SAW dan beliau bersabda:

“Perbanyaklah sujud kepada Allah, karena tidaklah engkau bersujud kepada Allah dengan satu kali sujud, melainkan Allah akan mengangkat bagimu satu derajat karenanya dan menghapuskan bagimu satu dosa karenanya.”
Mi’dan berkata: “Lalu aku bertemu Abu Darda’ dan aku tanyakan masalah ini kepadanya juga. Ia menjawab seperti jawaban yang diberikan Tsauban.” (HR. Muslim)

Yang dimaksud dengan sujud dalam hadits ini adalah melakukan shalat sunnah. Karena bersujud secara terpisah tanpa dilakukan dalam shalat atau tanpa sebab merupakan sesuatu yang tidak dianjurkan. Bersujud, walaupun termasuk dalam shalat fardhu, namun melaksanakan shalat fardhu adalah kewajiban atas setiap muslim. Maka yang ditujukan oleh Rasulullah SAW di sini adalah, sesuatu yang khusus yang dengannya Mi’dan dapat meraih apa yang ia cari.

5.Abu Umamah berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada sesuatu yang lebih baik yang Allah izinkan kepada seorang hamba selain melaksanakan shalat dua raka’at dan sesungguhnya kebajikan akan bertaburan di atas kepala seorang hamba selama ia melakukan shalat.” (HR. At-Tirmidzi)

Hadits ini menunjukkan keutamaan shalat sunnah dan kebaikan yang didapat darinya.


Sumber: Buku Panduan Lengkap Shalat Tahajjud




Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink