Beranda » » Perubahan Sosial Budaya Masyarakat » Komentar Postingan 2 komentar

Manusia, selama hidup bermasyarakat pasti mengalami perubahan-perubahan, baik perubahan sosial maupun perubahan budaya. Menurut Selo Soemardjan, perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya. Unsur-unsur yang termasuk ke dalam sistem sosial adalah nilai-nilai, sikap-sikap, dan pola-pola perilakunya di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Selain itu, Kingsley Davis mendevinisikan perubahan sosial sebagai perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat.

Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa perubahan perubahan sosial adalah perubahan unsur-unsur dalam masyarakat, sehingga terbentuk tata kehidupan sosial yang baru dalam masyarakat. Perubahan dalam masyarakat dapat mengenai nilai-nilai sosial, norma-norma sosial, pola-pola perilaku, organisasi, susunan lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang, interaksi sosial, dan lain sebagainya. Perubahan budaya adalah perubahan unsur-unsur kebudayaan karena perubahan pola pikir masyarakat sebagai pendukung kebudayaan. Unsur-unsur kebudayaan yang berubah adalah sistem kepercayaan/ religi, sistem mata pencaharian hidup, sistem kemasyarakatan, sistem peralatan hidup dan teknologi, bahasa, kesenian, serta ilmu pengetahuan


Baca Artikel Unik Lainnya dikumpulan artikel unik

2 comments

5 Agustus 2012 00.21

foto yg diatas ntuh fotonya manusia purba kan?

5 Agustus 2012 00.52

@Ahmad Rizal Samsi Yo'i Bro, dari jadul berubah menjadi modern itulah perubahan sosial!

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink