Beranda » » Dangdut Indonesia Banget » Komentar Postingan 21 komentar

Rhoma Irama
Dangdut! Indonesia Banget Loh!
Dangdut tak setenar dahulu lagi. Musik dangdut kini tersaingi oleh aliran musik lainnya terutama pop. Padahal, jika dilihat dari sejarahnya, musik dangdut merupakan aliran musik asli Indonesia. Musik Dangdut berakar dari Musik Melayu yang mulai berkembang pada tahun 1940 an. Irama melayu sangat kental dengan unsur aliran musik dari India dan gabungan dengan irama musik dari arab. Unsur Tabuhan Gendang yang merupakan bagian unsur dari Musik India digabungkan dengan Unsur Cengkok Penyanyi dan harmonisasi dengan irama musiknya merupakan suatu ciri khas dari Irama Melayu merupakan awal dari mutasi dari Irama Melayu ke Dangdut.
Pada tahun 1960 an Musik melayu mulai dipengaruhi oleh banyak unsur mulai dari gambus, degung, keroncong, langgam. Dan mulai jaman ini lah sebutan untuk Irama Melayu mulai berubah menjadi terkenal dengan Sebutan Musik Dangdut. Sebutan Dangdut ini merupakan Onomatope atau sebutan yang sesuai dengan bunyi suara bunyi, yaitu bunyi dari Bunyi alat musik Tabla atau yang biasa disebut Gendang. Dan karena bunyi gendang tersebut lebih didominasi dengan Bunyi Dang dan Dut, maka sejak itulah Irama Melayu berubah sebutanya menjadi suatu aliran Musik baru yang lebih terkenal dengan Irama Musik Dangdut.
Berbicara musik Dangdut tak lepas dari sang Raja Dangdut. Siapa lagi kalau bukan Bapak H. Rhoma Irama. Ditangan Beliau dangdut pernah merajai bukan hanya di Indonesia saja namun sampai ke taraf Internasional. Prestasi yang sangat susah bahkan belum sanggup dipecahkan oleh para musisi jaman sekarang. Prestasi yang diperolehnya pun begitu banyak. Ditangan sang Raja Dangdut, aliran musik Dangdut mulai berkembang dengan pesat. Boleh dikatakan Dangdut merupakan Musik para pekerja Indonesia sebagai mana Rock Music para pekerja Amerika. Yah lantunan Dangdut sering kita dengarkan ketika dalam suasana bekerja itu bahkan menjadikan semangat bagi para pekerja.
Sejak Awal tahun 70 an perkembangan Dangdut terbilang sangat pesat. Dan prestasi yang tercipta akibat musik Dangdut pun kian membanjiri. Pengakuan Internasional akan musik Dangdut kian berdatangan. Akan kah prestasi-prestasi itu akan kembali lagi ditangan Musisi jaman sekarang?
Prestasi Dangdut Ditangan Sang Raja Dangdut
Musik Dangsut memang telah membawa nama Indonesia di kanca Internasional. Ditangan sang Raja Dangdut penghargaan itu bermunculan. Namun, dari keseluruhan prestasi yang diperoleh sang Raja Dangdut, sebagian besar berasal dari luar negeri entah apa penyebabnya. Apakah memang begitu Indonesia tidak pernah menghargai karya anak bangsa? Yah lihat saja berapa banyak karya anak bangsa yang malah dihargai diluar negeri tetapi tidak di Negeri nya sendiri. Begitu juga dengan Dangdut ini. Kita menengok prestasi yang diperoleh sang Raja Dangdut dimulai pada tahun 1971 dimana Sang Raja Dangdut meraih Juara 1 lomba menyanyi tingkat ASEAN di Singapura. Berlanjut pada tahun 1985 ketika majalah Asia Week edisi XVI menempatkan Rhoma Irama sebagai Raja Musik Asia Tenggara, setelah memuat liputan pertunjukan Soneta Group di Kuala Lumpur. Suatu prestasi yang amat membanggakan masuk majalah Internasional dengan sebuah prestasi bukan sebuah kasus. Tak hanya disitu saja, pada tahun 1992 Raja Dangdut mendapatkan pengakuan oleh dunia musik Amerika, saat majalah Entertainment edisi Februari pada tahun yang sama mencantumkannya sebagai The Indonesian Rocker. Apakah sampai disini saja prestasi Sang Raja Dangdut? Prestasinya kian berlanjut karena kian didengar gebrakannya sampai ke manca negara.
Pada Akhir April 1994, Rhoma Irama menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Mr. Tanaka dari Life Record Jepang di Tokyo. Sebanyak 200 buah judul lagunya akan direkam ke dalam bahasa Inggris dan Jepang, untuk diedarkan di pasar Internasional. Rencananya lagu-lagu tersebut akan dibuat dalam bentuk laser disc (LD) dan compact disc (CD). Pada tanggal 16 November 2007 Rhoma menerima penghargaan sebagai “The South East Asia Superstar Legend” di Singapura. Sampai tahun 2007 dimana musik POP telah mewarnai musik tanah air namun sang Raja Dangdut masih tetap beraksi di ajang Internasional. Suatu kesuksesan yang luar biasa. Tidak hanya itu saja, bersama Elvie Sukaesih Sang Raja Dangdut mendapatkan penghargaan dari Museum Dunia Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori Raja dan Ratu Dangdut Indonesia. MURI menobatkan H. Rhoma Irama sebagai Raja Dangdut dan Elvie Sukaeshi sebagai Ratu Dangdut. Adakah Musisi sekarang yang meraih Gelar sebagai Raja POP? Mungkin akan lama untuk meraih gelar seperti itu.
Kesuksesan Bang Rhoma Irama sang Raja Dangdut terus dan terus bagaikan tak pernah pudar. Akhir tahu 2007 tepatnya tanggal 23 Desember 2007 Rhoma menerima Lifetime Achievement Award pada penyelenggaran perdana Anugerah Musik Indonesia (AMI) Dangdut Awards. Bahkan Album Begadang karya bang Haji masuk dalam 150 Album terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stones. Pada edisi lain, majalah Rolling Stones Indonesia kembali memasukkan nama Rhoma Irama ke dalam 25 artis Indonesia terbesar sepanjang masa bersama dengan Bing Slamet, Ismail Marzuki, Koes Plus, Bimbo, dan lain-lain. Rhoma Irama adalah satu-satunya artis Dangdut yang tercatat.
Rhoma telah menciptakan 500 lebih lagu Dangdut, sekaligus memperoleh predikat pencipta lagu Dangdut terlaris. Mendapatkan gelar Professor Honoris Causa dalam bidang musik yang diterimanya dari dua universitas berbeda, yaitu dari Northern California Global University dan dari American University of Hawaii, keduanya dari Amerika. Nama Rhoma Irama diabadikan sebagai nama piala untuk 6 kategori permainan instrumen musik Dangdut.
Sampai pada jaman Genre Musik POP semakin tenar di Indonesia nama sang Raja Dangdut tak pernah pudar. Nah bagaimana jika dia dibandingkan dengan para musisi-musisi POP? Manakan yang lebih teratas? Pada tahun 2008 hasil survey yang diadakan oleh Reform Institute menempatkan Rhoma di atas penyanyi maupun grup-grup band saat ini, seperti: Ungu, Peterpan, Iwan Fals, maupun Dewa 19. Musik Dangdut Musik Indonesi Musik Sepanjang Jaman.

Sumber Tulisan 1, Sumber Tulisan 2

21 comments

12 April 2012 13.49

Adakah musisi skarang yg menyamai rekor Bang Rhoma?

12 April 2012 19.30

Paling anakny.kwkwkwkwkw
Kalo saya kurang begitu suka dangdut.

12 April 2012 19.39

wkwkwk belum tentu juga anaknya, masih banyak anak muda lainnya yang berbakat, sapa tau situ bisa pecahkan rekor!

12 April 2012 20.51

Kurang suka dengan musik dangdut.

12 April 2012 20.56

he,,,he,,, yups setiap orang memiliki selera masing-masing, aku juga sih tergantung suasana hati gimana musik akan menyesuaikan!

13 April 2012 00.23

Hemmm Ngomongin masalah dangdut aku suka' banget dangdut apa Lagi yang Disko dangdut beuhhhh manteppp pokokX ajib lah buat jogetan

13 April 2012 01.08

Sipp! betul tuh sob! bikin goyang kepala tuh Dangdut koplo!

13 April 2012 02.21

Kalau masalah dangdut saya kurang begitu memperhatikan mending lagu rock :D ^^

13 April 2012 02.25

He,,,he,,, sip bro! yang penting masih lagu-lagu toh! he,,he,,

13 April 2012 03.08

sob...link kamu sudah saya pasang di bagian blogaziner tuh...hehee jika berkenan pasang balik yaa

13 April 2012 04.02

oke bro, makasih banget, nanti ane pasang link sobat di blog ku!

13 April 2012 09.30

Prok... Prok... Prok.... Applouse buat Bang Haji Rhoma Irama!!!

Jika diliat dari banyaknya Prestasi-prestasi musik Beliau baik diNegeri sendiri lebih-lebih diManca Negara seperti itu...
Memang pantas banget jika Gelar Raja Dangdut ini disandang oelh Beliau... SALUUT BANGET!!

Karena jasa dan konsistensinya dalam bermusik Dangdut itulah, Sehingga Dangdut bisa dikenal oleh Masyarakat Luaas sampai sekarang!!
MANTAAAAFFF BANGEEEET!!!

Dangdut is The Music of My Country!!!
^_^

13 April 2012 09.34

sippp, betul itu mas bro, Dangdut di akui oleh Manca Negara, Pengakuan yang bernilai tinggi!

13 April 2012 10.02

cuakeeeeep ::thumb::

13 April 2012 10.36

he,,,he,,, thanks dah berkunjung ke blog sederhana ini yang masih awut-awutan!

13 April 2012 19.13

bang ady blink uda berpinda profesi ni, uda jadi pedangdut.... hehehehehehe

13 April 2012 23.05

yah bgitulah, klo bukan aku aiapa lg nantinya! he,,,he,,

13 April 2012 23.37

bang roma mmg hebat,
cuma sy ga suka dangdut.. hehe

13 April 2012 23.40

he,,he,, yah begitulah setiap orang punya selera masing-masing, makasih dah berkunjung di blog sederhana ini yang gak karuan

14 April 2012 07.14

Wah belum update nih :D

14 April 2012 07.24

he,,he,,, iya,, dikit lagi baru posting!

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink