Beranda » » Malam Terboros » Komentar Postingan 2 komentar

Malam pergantian tahun seakan-akan menjadi sesuatu yang sangatlah istimewa bagi setiap orang. Tak jarang begitu banyak orang yang rela merobek kantong untuk memenuhi kesenangan semalam ini, esoknya biasa aja gak ada yang berubah, yang berubah hanyalah semakin menderitanya kita karena telah menghamburkan uang untuk kesenangan semalam. Yah karena itu postingan kali ini aku beri judul "Malam Terboros". Tau gak malam pergantian tahun merupakan malam paling boros yang pernah ada. Coba lihat dan bayangkan aja, setiap malam pergantian tahun ribuan kendaraan membanjiri jalan dan tak tahu mau kemana mereka. Seakan-akan mereka jadi pengukur jalan semalam. Berapa ribu liter bahan bakar yang dibutuhkan untuk memenuhi seluruh kendaraan yang digunakan untuk merayakan tahun baru?
Hari ini sudah memasuki tahun 2012, hari pertama di tahun yang baru ini. Dan tadi fenomena keborosan itu telah terjadi lagi. Aku sempat keluar sebentar untuk melihat-lihat keadaan yang terjadi pada pergantian tahun kali ini. Dan ternyata tidak ada perubahan, masih seperti yang kemarin-kemarin hanya bergelut dengan kemacetan dan kembang api. Setiap mata memandang ribuan kendaraan membanjiri jalanan. Kembang apipun ikut menerangi malam yang ditunggu. Aku jadi berfikir apakah keistimewaan dari pergantian tahun ini? Rasanya setiap tahun sama saja. Namun sebagian besar orang rela mengeluarkan sampai jutaan rupiah untuk memenuhi hasrat kesenangan mereka. Andaikan uang yang dipakai untuk beli bensin bagi kendaraan-kendaraan yang lewat ini dan juga uang yang dipakai untuk beli kembang api ini digunakan untuk membangun sebuah gedung mungkin cukup untuk membangun sebuah gedung yang lumayan besar. Wah betapa borosnya kita untuk menyambut tahun baru ini. 
Sampai aku menulis postingan ini aku masih mersa heran dengan semangat orang-orang yang merayakan pergantian tahun ini. Aku heran sebanarnya apa sih makna dari yang mereka rayakan? Apakah mereka tahu juga arti dari tahun baru itu? Saya merasa sama saja, setiap haripun kita merasakan pergantian, dari setiap detik, setiap menit, setiap jam, setiap minggu, dan setiap bulan. Namun kenapa gak semeriah ini? 
Dunia ini memang aneh, ada-ada saja yang dibuat agar menyenangi diri mereka walau esok harinya mereka merasa menyesal karena telah menghamburkan uang untuk kesenangan semalam. Tetapi walau bagaimana pun perubahan itu memang indah walau hanya nama saja (2011 menjadi 2012), dan memang pantas untuk dirayakan namun lebih pantas lagi jika yang merayakannya itu mengetahui apa makna yang terkandung dibalik itu semua bukan sekedar hura-hura.
Kasihan kan uang yang begitu banyak dihambur untuk kesenangan yang tak bermakna. Apalagi para kaum cowok yang sudah pasti menjadi korban keborosan. Sebelum sampai kerumah pacar singgah di SPBU, yah biasa untuk modal jalan gak mungkin kan ngajak pacar jalan kaki, setelah jalan pacarnya bilang sayang makan yuk dan lagi-lagi si cowok yang bayarin.
Yah mungkin memang harus begini, sudah menjadi tradisi bahwa setiap pergantian tahun itu slalu meriah walau harus menelan begitu banyak biaya. Namun semoga saja bukan sekedar tahun yang berubah namun sikap dan perilaku kita pun ikut berubah menjadi yang lebih baik.
Happy New Year 2012

2 comments

3 Februari 2012 11.00

Meriah sama dengan tidak murah, tidak murah sama dengan boros ya gan ,, :)

3 Februari 2012 11.58

Hem, tidak murah pasti mengeluarkan banyak biaya gak, apalagi jika kita mengeluarkan banyak biaya utuk sesaat itu berarti keborosan yang sangat besar gan! coba sobat bayangkan jika sobat mengeluarkan begitu banyak uang hanya untuk beberapa jam tanpa ada kontribusi untuk kedepannya?

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink