Beranda » » Jenis-Jenis Letusan Vulkanis » Komentar Postingan 12 komentar

Jenis-Jenis Letusan Vulkanis

Berbagai jenis letusan digolongkan berdasarkan cara keluar lava. Ini sangat tergantung pada kekentalan lava dan kemudahan gas-gas yang terperangkap di dalamnya dapat lepas. Gas-gas mudah lepas dari lava tak kental, tetapi pada lava yang kental, gas lepas berupa letusan. Saat magma mendekati permukaan, tekanan berkurang dan gas-gas vulkanis membentuk gelembung-gelembung kecil di dalam magma, seperti gelembung-gelembung kecil yang terbentuk dalam sebotol air soda (karbonasi) karena tekanannya berkurang saat kamu membuka tutupnya secara perlahan.


Perbedaan Jenis
Letusan

Letusan jenis Hawaii biasanya lembut. Letusan ini terjadi saat lavanya sangat encer, sehingga gas-gas yang terperangkap keluar dengan mudah. Magma kadang-kadang menyembur keluar dari diatrema, membentuk pancuran lava.

Letusan Plini terjadi ketika lavanya sangat kental. Gas-gas yang terperangkap, menyebabkan terjadinya ledakan yang sangat dahsyat. Selama terjadinya ledakan, sejumlah besar abu vulkanis terlempar tinggi ke udara.

Jenis letusan Stromboli terjadi ketika lavanya agak lebih kental. Gas-gas yang terperangkap lepas dalam ledakan kecil yang menyemburkan gumpalan-gumpalan lava cair disekitar diatrema.

Letusan Vulkanis terjadi ketika lava jauh lebih kental. Gas-gas yang terperangkap lepas secara eksplosif, meledakkan kepingan-kepingan padat batuan dan sejumlah besar abu vulkanis dari gunung berapi.

Referensi: Fiona Watt, Pemahaman Geografi "Gempa Bumi dan Gunung Berapi, Pakar Raya.

12 comments

17 November 2012 pukul 20.16

memang letusan vulkanik berasal dari dalam bumi
wah memang mengerikan jika berada di dekat sumber letusan gunung

17 November 2012 pukul 20.29

@Trisna N yups emang mengerikan namun lahan paling subur disekitar gunung berapi makanya banyak orang yang tinggal di sekitar gunung berapi!

17 November 2012 pukul 23.08

NICE BLOG,,kunjungan balasan sob

17 November 2012 pukul 23.21

@Infonakke wah makasih dah berkunjung sob!

19 November 2012 pukul 00.36

ngelihatnya ngeri.

19 November 2012 pukul 00.39

@Miz Tia Kok ngeri sih, kan gak beneran cuma pelajaran kuliahan, he,,he,,

19 November 2012 pukul 04.52

BlogWalking sob ^_^

19 November 2012 pukul 04.57

@si Om Wah makasih udah berkunjung neh sob!

20 November 2012 pukul 19.56

mengerikan, hehe..
blog'a keren gan..
pkai template apa nii?

20 November 2012 pukul 20.01

@Ahmad Yazid Yo'i sob, namanya bencana pasti mengerikan, he,,he,, Wah makasih neh udah dibilang blogku keren, he,,he,, ni pakai template blogazine nya urang kurai!

Anonim
20 November 2012 pukul 20.48

hehe, tp memang keren sob..
aku baru nemuin tmplate blog smacam ini, hihi :D

20 November 2012 pukul 22.26

@Ahmad Yazid He,,he,, banyak kok yang udah nerapin unique post pada blognya, dan intinya kreatifitas yang diutamakan untuk setiap postnya aja!

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink