Beranda » » Biosfer » Komentar

Biosfer

Biosfer berarti tempat kehidupan. Tempat hidup bagi makhluk hidup seperti tumbuhan di halaman, ayam dan kucing yang dipelihara, burung yang beterbangan dari pohon dan bernyanyi di waktu pagi, serangga dengan suaranya melengking, ikan yang berenang-renang di kolam, cacing yang hidup di dalam tanah dan jamur yang tumbuh di kayu-kayuan mati. Kunang-kunang yang beterbangan di sekitar pada rumput, mengeluarkan cahaya pada malam hari. Semua ini dan juga manusia hidup di planet (bumi), yang disebut biosfer.


Biosfer dikatakan juga alam atau dunia kehidupan yang terdiri dari semua jasad hidup, air, udara, tanah dan materi yang mengelilingi dan merupakan suatu lapisan yang agak tipis di permukaan bumi. Biosfer juga sebagai suatu sistem hubungan jasad hidup serta materi dan energi yang mengelilinginya dan manusia merupakan sebagian dari sistem itu. Dalam ekologi semua itu harus dipelajari. Yaitu hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya.


Semua ilmu selalu bertujuan mencari kebenaran. Namun ilmu tidak akan membawa kita kepada kebenaran mutlak. Karena semua kesimpulan-kesimpulan dan penelitian-penelitian itu tidak akan pernah dapat diyakini sepenuhnya bahwa kesimpulan tersebut benar. Oleh karena itu seorang sarjana harus bersifat kritis.

Poskan Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink