Beranda » » Tips Menghadapi Dosen Pembimbing » Komentar

Tips Menghadapi Dosen Pembimbing merupakan tips untuk para sahabat yang udah menempuh akhir dari masa perkuliahannya. Dosen pembimbing sering menjadi momok tersulit bagi seorang mahasiswa. Mengapa demikian? Karena produk akhir yang dituntut untuk dikerjakan oleh seorang mahasiswa merupakan hasil pola piir mahasiswa berdasarkan bimbingan dari dosen pembimbing dan ini bisa dikatakan produk tersebut merupakan karya dari mahasiswa dan dosen pembimbingnya. Namun, kadang kala kita kesulitan dalam menghadapi dosen pembimbing. Jika yang merasa kesulitan simak beberapa tips dariku ini.


1. Harus Lebih Pintar Dari Dosen Pembimbing
Emang kita bisa lebih pintar dari dosen kita? Ya bisalah. Maksudnya lebih pintar dari dosen pembimbing di sini yaitu kita harus lebih tahu apa yang akan kita lakukan untuk tugas akhir kita daripada dosen pembimbing sehingga kita memiliki modal untuk menghadapi dosen pembimbing. Tugas akhir bukanlah hanya produk dari seorang mahasiswa namun dosen pembimbing memiliki andil yang besar dalam menyelesaikan tugas akhir dari mahasiswa bimbingannya. Jadi di sini akan terjadi proses penyatuan pemahaman antara Mahasiswa dan dosen pembimbingnya. Jadi usahakan kita bisa lebih pintar dari dosen pembimbing sehingga kita tidak dibingungkan dengan ide dari sang dosen. Karena kitalah yang mengetahui apa yang kita inginkan dan dosen akan menyempurnakan jalan untuk meraih apa yang kita inginkan tersebut.


2. Jangan Takut
Jangan takut untuk konsultasi dengan dosen pembimbing. Nah, hal ini yang paling sulit aku lakukan, aku selalu takut untuk bertemu dengan dosen pembimbingku, namun kalau tidak ketemu tidak bisa lulus, karena nasib kita ada ditangan mereka. Aku teringat sama kata-kata temanku yang katanya "Jika Kita Tidak Berani Kita Tidak Akan Pernah Selesai". Nah usahakan beranikan diri kita untuk bertemu. Hilangkan keraguan dalam benak ini. Tanamkan bahwa tidak akan ada masalah yang lebih rumit.


3. Kenali Dosen Pembimbing
Poin ini juga menjadi penentu dalam masalah konsultasi dengan dosen pembimbing kita. Kenali dosen pembimbing kita, ketahui apa yang dia sukai dan apa yang ia tidak sukai terutama waktu-waktu yang tepat untuk berkonsultasi. Jangan datang disaat waktu yang tidak tepat atau waktu ketika ia lagi sibuk.


4. Berpendirian Teguh Tetapi Tidak Sombong
Perlihatkanlah kepada dosen pembimbingmu bahwa dirimu bisa melakukan TA yang kalian inginkan tetapi jangan sampai kalian terlihat sombong. Usahakan kalian perlihatkan kemampuan kalian sehingga dosen pembimbing kalian percaya pada kalian. Tujuan lain dari poin ini untuk menunjukkan apa keinginanmu dan untuk mengorek apa keinginan sang dosen pembimbing kalian. Pada tahap ini kalian juga bisa mempelajari keinginan dosen pembimbing kalian sehingga kalian bisa lebih mengerti apa yang diinginkan oleh dosen pembimbing kalian.


5. Mengalah Demi Kebaikan
Poin ini merupakan antiklimaks dari poin ke-4. Pada poin ini kita harus mengalah mengikuti keinginan dosen. Poin ini akan menjadi jalan tengah untuk menyatukan keinginanmu dan keinginan dosen pembimbingmu. Namun kalian tidak lagi bingung untuk mengikuti apa yang dosen pembimbingmu inginkan karena kalian telah pelajari kenginan dosen pembimbingmu pada poin ke-4. Begitu juga dengan dosen pembimbingmu sudah lebih paham apa yang kau inginkan sehingga proses penyempurnaannya akan semakin mudah.


6. Ramah
Ramahlah kepada dosen pembimbing kalian sehingga kalian menjadi mahasiswa bimbingan yang paling disayang untuk dosen kalian. Dengan begitu kalian bisa lebih mudah untuk mengorek ilmu yang tersembunyi dibalik dosen kalian. Karena terkadang tidak semua ilmu itu dikeluarkan. Seperti film-film dulu bahwa seorang guru pencak silat tidak akan menurunkan ilmunya semua kepada muritnya. Jadi manfaatkan kesempatan ini dengan mengorek apa yang mereka ketahui. Pada poin ini sertakan dengan sikap ketidak tahuan dan rasa ingin tahu kalian. Jadi setelah anda bersikap lebih pintar seperti poin 1 anda harus menjadi lebih rendah untuk mengorek apa yang diketahui oleh dosen kalian.


7. Rajin Berdo'a
Rajin-rajinlah berdo'a agar semua urusannya lancar.


Nah itu dia tips-tips dari Aku untuk menghadapi dosen pembimbing kalian. Jika ada tips lain silahkan share di kotak komentar blog ini. Semoga bisa membantu kita untuk menghadapi dosen pembimbing kita, he,,he,, Aku juga lagi dalam proses menghadapi dosen pembing jadi tips ini mungkin belum sempurna dan butuh tambahan lagi.

Poskan Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink