Beranda » » Sejarah Bowling » Komentar Postingan 4 komentar

Bowling merupakan sebuah permainan yang sangat menarik. Namun, tahukah kalian asal mula permainan ini? Boling atau yang biasa disebut bowling sepuluh pin atau ten-pin bowling adalah sejenis permainan dimana para pemain menggelindingkan bola pada sebuah lorong dengan tujuan untuk menjatuhkan pin-pin yang ada.

Lorong bowling tersebut berukuran lebar 41.5 inci (105 cm) dan panjang 60 kaki (18.2 m). Di sebelah kiri dan kanan lorong tersebut terdapat 2 buah lorong kecil yang berfungsi untuk jalur bola yang melenceng dari jalur utama.

Permainan Bowling merupakan salah satu olahraga tua. Permainan ini dikenal sekitar 7000 tahun yang silam dengan pembuktian para ahli yang menemukan dalam kuburan-kuburan tua Mesir Kuno. Permainan lempar-melempar juga ditemui pada jaman Romawi, Phunicia dan Karthago namun bukti-bukti belumlah tersedia. Akan tetapi yang pasti pada tahun 1950 sebelum Masehi ketika Julius Caesar berkuasa, rakyat di daerah Alpine, Italia gandrung memainkan apa yang disebut “Bocce”. Banyak nama untuk menyebutkan permainan itu, yaitu Bowls Skittles, Kegling Nine Pin, Dutch Pin dan Quilles. Berdasarkan catatan, orang Jerman pertama yang memainkan bowling dikaitkan dengan upacara Agama. Makdsudnya ialah Kegle diibaratkan setan. Orang dipersilahkan menggunakan batu atau semacam bola yang tertuju pada Kegle, andaikata semua rubuh berarti kehidupannya bersih.

Pada Abad ke 14, permainan Bowling mulai terkenal di Inggris. Meskipun permainan ini mendapat tantangan, bahkan raja Edward III mengeluarkan undang-undang untuk menghentikan permainan itu, tapi tak mampu menghambat. Tahun 1455 yang semula hanya dilakukan di lapangan beranjak ke gelanggang di bawah atap. Di Irlandia, Skotlandia dan pada tahun 1600–an mulai dikenal di Amerika yang dibawa oleh orang–orang Belanda, bahkan pada tahun 1895 terbentuk organisasi Bowling Amerika (American Bowling Congress) dan kini peminat olahraga itu sekitar 10 juta orang. Bowling, nama asli olahraga yang mulai populer di Indonesia tahun 1970 ini. Tahun 1983 mulai diperkenalkan istilah dalam bahasa Indonesia dengan nama Bowling, yaitu singkatan dari bola gelinding oleh menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Achmad Thahir ketika menjadi ketua panitia kejuaraan Bowling antar klub memperebutkan piala Presiden Soeharto. Dalam waktu singkat, jenis permainan ini menarik banyak peminat dari berbagai kalangan pengusaha, pegawai, ABRI, mahasiswa, pelajar, bintang film dan ibu-ibu rumah tangga. Bermula dari hasrat mengendorkan urat syarat, bersantai dan mengisi waktu luang, tapi lama-kelamaan terpikir untuk mengadu kepandaian antar satu sama lain. Timbulah kompetisi, juga timbul hasrat bergabung dalam suatu kelompok. Munculah nama-nama perkumpulan olahraga Bowling seperti: The Metropolitan Commercial, Berkat, Th. Cutter, Free Lance, Alexander, Amore Club, The Step, Aki Jenggot, Tjendana dan Biangos. Lahirnya berbagai klub mengilhami berdirinya suatu wadah organisasi, yang bisa mengawasi perkembangan klub dan memikirkan kemajuan olahraga ini dengan pemikiran ke depan, seandainya permainan bowling menyebar di seluruh Indonesia, seandainya pebowling Indonesia mau ikut bertanding ke luar negeri, tentu membutuhkan suatu wadah. Oleh karena itu, atas prakarsa M. A. Suganda dari perkumpulan Bowling Metropolitan bersama M. Q. Amirudin, diundang semua klub untuk membicarakan pembentukan wadah. Tepatnya tanggal 6 Oktober 1970, klub yang hadir sepakat mendirikan suatu wadah organisasi yang diberi nama Persatuan Bowling Indonesia disingkat PBI.

Sumber: http://anggawardani94.wordpress.com/2012/05/01/sejarah-bowling

4 comments

21 Juli 2012 pukul 23.19

makasih sob... pengetahuannya....

22 Juli 2012 pukul 00.41

@Ehwansah Jailani Yups, sama-sama sob!

18 September 2012 pukul 20.19

dapat info baru nih,, makasih sobat.

18 September 2012 pukul 21.01

@Herman Bagus Oke sob! makasih juga sudah berkunjung!

Komentar baru tidak diizinkan.

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink