Beranda » » Android | Sejarah Android » Komentar Postingan 2 komentar

Android

Perkembangan dalam dunia telekomunikasi memang terlihat maju pesat. Banyak produk-produk baru bermunculan dengan performa yang tidak tanggung-tanggung. Performa tersebut tentulah didukung oleh sistem operasi atau operating system (OS) yang berkualitas. Salah satunya yaitu Android. Sistem operasi ini tentu tidak lagi asing ditelinga kita. Karena sudah banyak smart phone sekarang yang memakai sistem operasi ini. Dengan sistem operasi sejenis android maka kita serasa memiliki komputer dalam genggaman. Karena software yang dijalankan dalam OS ini terbilang memiliki performa seperti PC. Android merupakan Sistem Operasi (OS) yang berbasis Linux untuk telepon seluler. Yang dulunya Linux hanya dinikmati dalam PC namun dengan perkembangannya Linux telah dapat dinikmati dalam telepon genggam.

Sejarah

Kepemilikan Google

Versi Android

Android merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis Linux yang bekerja pada telepon seluler. Android dibuat oleh sebuah perusahaan yang terletak di Polo Alto, California yaitu Android Inc. Android Inc, adalah sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 oleh beberapa senior di beberapa perusahaan yang berbasis IT & Communication seperti Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Tujuan utama didirikannya Android Inc yaitu untuk membuat sebuah software yang mengerti dengan pemiliknya. Perkembangan Android berkembang secara cepat karena merupakan Sistem Operasi yang Open Source. Android memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, dan Google Calendar.

Kemunculan Android sebagai penerobos baru dalam dunia telpon genggam ternyata menarik minat sang Raja Internet yaitu Google. Pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc. Seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Bahkan para pendiri Android Inc tetap bekerja untuk Android walau telah dalam naungan Google. Untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Dari saat pemunculannya, versi Android telah beberapa kali mengalami perubahan. Performa dalam versi-versi terbaru Android pun semakin diperbaharui. Versi-versi android resmi yaitu:
AndroAndroid versi 1.1
Rilis Maret 2009
Android Cupcake versi 1.5
Rilis Mei 2009
Android Doughnut versi 1.6
Rilis September 2009
Android Eclair versi 2.1
Rilis Desember 2009
Android Froyo versi 2.2
Rilis Mei 2010
Android Gingerbread 2.3
Rilis Desember 2010
Android Honeycomb 3.x
Masuk Pasar Indonesi Mei 2011
Android Ice Cream Sandwich 4.0
Rilis Oktober 2011
Android versi 4.1 (Jelly Bean)
Rilis Juli 2012

Nah itu sedikit ulasan tentang OS Android yang sekarang ini banyak digandrungi bagi para pecinta smart phone.


Sumber Tulisan :

Dari Berbagai Sumber



2 comments

whooaa panjang juga ya sejarah gadget satu ini ya bang, hemm google ambil alih juga ya nih gadget ? emang google pengen nguasain dunia kali yah? haaha

9 Juli 2012 02.34

@randy yang penting share He,,he,, Iya neh, gak tau neh persaingan dunia telekomunikasi memang lagi sangat gila-gilaan, yang moga aja persaingan dapat memberikan keuntungan bagi konsumen nya! Yang bpenting turunkan harga smart phone, he,,he,,

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink