Beranda » » Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia » Komentar Postingan 6 komentar

Konten lokal buatan Indonesia merupakan segala layanan di dunia internet maupun mobile yang merupakan hasil karya anak bangsa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Berbicara tentang manfaat konten lokal buatan Indonesia seharusnya menjadi objek pembicaraan masyarakat sejak lama. Bukan hanya sekedar membicarakan tentang konten lokal saja, namun bagaimana masyarakat memanfaatkan konten tersebut. Ya, konten lokal buatan Indonesia seharusnya menjadi favorit bagi setiap kalangan karena dengan konten lokal buatan Indonesia maka ciri khas bangsa pun bisa terjaga. Namun kenyataan nya sekarang, dominasi konten lokal buatan Indonesia kalah bersaing dengan buatan luar negeri, contoh saja layanan Social seperti facebook yang masih menduduki urutan pertama favorit masyarakat. Seharusnya karya anak bangsa bisa lebih baik dari karya luar negeri jika kita benar-benar berfokus untuk menciptakan sesuatu yang menjadi kebutuhan masyarakat dengan tidak mengesampingkan budaya lokal masyarakat Indonesia.
Masyarakat Indonesia tidak lagi dianggap remeh, karena telah banyak masyarakat Indonesia yang sukses di Negeri orang. Belum lama ini, eksistensi kreatifitas anak bangsa dimunculkan kembali dengan karya mobil ESEMKA yang dibuat oleh beberapa siswa SMK sehingga menambah daftar karya anak bangsa yang perlu diperhatikan. Begitu juga dengan konten-konten yang beredar di masyarakat sekarang ini sudah banyak konten-konten anak bangsa yang bisa bersaing dengan karya luar. Dukungan dari berbagai sponsor untuk menciptakan konten-konten lokal buatan Indonesia makin banyak, salah satu nya adalah dukungan dari salah satu provider yang ada di Indonesia yaitu XL dengan layanan nya yaitu XL Axiata (XL Konten Seru). Dengan layanan-layanan yang disediakan oleh XL Axiata kiranya dapat membantu masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan kesehariannya. Salah satu konten dalam XL konten seru yang kiranya sangat membantu bagi masyarakat yaitu konten XL Baca karena dengan konten ini kiranya dapat membantu meningkatkan minat baca masyarakat yang kian hari makin menurun minat baca nya.

Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia

Internet dan mobile sebagai media yang sangat digandrungi oleh semua kalangan dan memiliki pengaruh besar terhadap karakter bangsa tentu lah harus menjadi senjata yang kuat untuk menanamkan budaya-budaya lokal Indonesia. Dengan adanya konten-konten lokal buatan Indonesia kiranya dapat memberikan ciri khas Negeri ini dan menanamkan budaya-budaya yang ada di Indonesia sehingga keberadaan budaya lokal tidak hanya sekedar diketahui namanya saja namun menjadi kebanggaan bangsa ini. Selain itu, dengan adanya konten lokal buatan Indonesia kiranya nilai kebangsaan masyarakat bisa lebih mendarah daging bagi masyarakat sehingga rasa persaudaraan itu makin terjaga. Masih banyak manfaat konten-konten lokal yang dibuat oleh anak bangsa selain yang telah tertulis di atas. Konten lokal juga dapat memfilter budaya yang masuk ke Indonesia karena konten-konten yang berasal dari luar tidak menutup kemungkinan jauh berbeda dengan nilai-nilai yang ada di Indonesia sehingga dengan konten lokal maka kebutuhan masyarakat Indonesia yang benar-benar sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat di Indonesia bisa terpenuhi.

Alasan Masyarakat Harus Mendukung Konten Lokal

Kalau dirumah ada mengapa harus mencari yang lain? Kiranya kalimat itu harus tertanam dalam benak masyarakat Indonesia. Kita sudah dapat menciptakan konten-konten yang bisa menggambarkan jati diri bangsa namun jika kita sendiri tidak mendukung apa yang kita buat maka karya yang telah kita ciptakan itu akan menjadi sia-sia belaka. Seperti slogan sebuah iklan di televisi yaitu kalau bukan kita siapa lagi, yah kalau bukan kita yang memperkenalkan konten-konten karya kita sendiri siapa lagi yang akan memperkenalkannya. Seharusnya kita bangga akan karya kita bukan memandang remeh apa yang telah kita hasilkan. Karena konten-konten lokal karya anak bangsa sebagai citra bangsa yang melambangkan jati diri Bangsa Indonesia jadi dukungan terhadap konten lokal harus menjadi peringkat teratas dibanding dengan konten-konten lainnya.

Konten Lokal Yang Dibutuhkan Indonesia

Sudah terlalu banyak konten-konten yang beredar dikalangan masyarakat Indonesia namun salah satu konten yang kiranya masih dibutuhkan masyarakat Indonesia yaitu konten tempat penyaluran lagu-lagu daerah masyarakat Indonesia. Lagu-lagu daerah masih sangat susah kita dapatkan di dunia internet maupun mobile. Padahal lagu daerah merupakan salah satu lambang keanekaragaman budaya di Indonesia. Dengan konten ini masyarakat dengan mudah mencari lagu-lagu dari daerahnya sendiri, masyarakat juga dapat mendengarkan lagu-lagu dari daerah lain sehingga rasa persaudaraan itu makin terpupuk, tidak ada saling merendahkan antara budaya daerah yang satu dan lainnya. Denga konten ini dapat juga menjadi alat pemersatu bangsa dengan lagu-lagu daerah. Saya memberikan apresiasi terhadap salah satu film karya anak negeri dari daerah Papua yang berjudul Melodi Kota Rusa. Dalam film ini yang menampilkan gaya bahasa masyarakat Papua ternyata mampu menyedot perhatian banyak orang di daerahku. Secara tidak sadar film itu mampu membuat kita mencintai gaya bahasa  masyarakat Papua dan tidak memandang remeh kebudayaan masyarakat Papua. Nah, konten-konten semacam ini lah yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.
Seperti yang telah disebutkan di atas, dengan konten-konten lagu daerah maka dalam keseharian kita dapat dengan mudah untuk mendengarkan lagu dari daerah kita masing-masing walaupun kita sedang berada didaerah yang lain. Itu berarti penanaman akan rasa cinta terhadap budaya lokal pun akan semakin kuat. dari sebagian besar pemuda Indonesia hanya sedikit yang menyukai lagu-lagu daerah dari negeri kita ini karena keberadaan lagu-lagu daerah yang kalah dengan lagu-lagu modern yang beredar di masyarakat. Lagu-lagu modern lebih mudah didapatkan dari pada lagu-lagu daerah sehingga kebiasaan kita untuk mendengarkan lagu daerah itu semakin kecil. Kata pepatah tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Bagaimana kita dapat menyayangi dan mencintai lagu daerah jika kita tidak terbiasa untuk mendengarkan lagu-lagu daerah itu sendiri. Untuk lebih menyayangi dan mencintai lagu-lagu daerah haruslah kita membiasakan diri untuk mendengarkannya, namun dengan keterbatasan penyedia konten lagu daerah maka sudah pasti kebiasaan mendengarkan lagu daerah pun jarang dilakukan. Dengan adanya konten ini maka akses untuk mendapatkan lagu-lagu daerah akan semakin mudah sehingga kecintaan masyarakat terhadap lagu dari daerahnya akan semakin bertambah.

--------Seberkas Coretan Semenanjung Anak Pulau--------

6 comments

25 Januari 2012 01.13

yups dengan adanya konen lokal yang kita buat sendiri maka kita sama saja nama daerah lokal kita .

25 Januari 2012 02.22

Yups betul itu gan,,, thanks atas komentarnya!

25 Januari 2012 08.34

Mantap Gan....

25 Januari 2012 08.45

He,,he,,, thanks-thanks!

10 Februari 2012 04.13

mantap bro, saya sangat setuju dengan anda. ayo dukung terus konten2 lokal anak bangsa

10 Februari 2012 05.54

Yups, Emang harus gitu, kalau bukan kita yang mendukung siapa lagi yang akan mendukung! Thanks dah berkunjung!

Poskan Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink