Beranda » » Sekilas Tentang Sejarah Ekologi » Komentar Postingan 8 komentar

Sekilas

Sejarah Ekologi

Ekologi mempunyai perkembangan yang berangsur-angsur sepanjang sejarah. Namun sejarah perkembangannya kurang begitu jelas. Catatan Hipocratus, Aristoteles, dan filosof lainnya merupakan naskah-naskah kuno yang berisi rujukan tentang masalah-masalah ekologi. Walaupun pada waktu itu belum diberikan nama ekologi. Dimulai pada abad ke-16 dan ke-17 yang timbul dari natural history dan kemudian berkembang menjadi satu ilmu yang sistematik, snslitik dan obyektif mengenai hubungan organisme dan lingkungan yaitu EKOLOGI. Nama tersebut baru dikemukakan oleh seorang ahli biologi Jerman yang bernama Earn Haeckel (1834-1919) pada tahun 1860.


Sekitar tahun 1900, ekologi diakui sebagai ilmu dan berkembang terus dengan cepat. Apalagi disaat dunia sangat peka dengan masalah dalam mengadakan dan memelihara mutu peradaban manusia. Ekologi merupakan cabang ilmu yang mendasarinya dan selalu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.


Pada dewasa ini semua orang semakin wajib mengetahui ekologi, sehingga ilmu ini menjadi “bintang” di antara cabang ilmu, di mana selama ini hanya menjadi penunjang. Prinsip-prinsip ekologi dapat menerangkan dan memberikan ilham dalam mencari jalan untuk mencapai kehidupan yang lebih layak. Tidak satu cabang ilmu pun yang dapat mengabaikan ekologi. Apalagi sejak timbulnya gerakan kesadaran lingkungan di seluruh dunia mulai tahun 1968, dituntutnya kesadaran lingkungan bagi setiap orang antara lain tentang penghematan sumber daya, penghematan energi, masalah pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah dan lain sebagainya. Jelasnya, danya masalah globalisasi lingkungan akan mengakibatkan perhatian semakin mendalam kepada ekologi.


8 comments

8 Oktober 2012 pukul 09.11

kunjungan malam gan...

8 Oktober 2012 pukul 09.14

@Damai Dank Ho,,ho,, ada yang ngeronda neh he,,he,,,

9 Oktober 2012 pukul 11.20

Wah, Ahli ekologi nih.,
Keren sob.,

9 Oktober 2012 pukul 11.49

@odhzar jhadeya Wah gak juga, cuma share aja materi kuliah sapa tau nanti dibutuhkan sama adik-adik tingkat, he,,he,,

12 Oktober 2012 pukul 03.41

artikel yg cukup menarik, dan patut di bookmark..
makasih ya..

#Salam sahabat dari saya

12 Oktober 2012 pukul 10.25

@Yousake NKRI Salam sahabat juga dan makasih sudah berkunjung!

13 Oktober 2012 pukul 02.28

Nice post sobat... bisa nambah pengetahuan ane nih

13 Oktober 2012 pukul 11.02

@binkbenk He,,he,, makasih sob atau sanjungannya, silahkan dibaca-baca aja bro!

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink