Beranda » » Jenis-Jenis Perencanaan » Komentar Postingan 2 komentar

Jenis-Jenis Perencanaan
Jenis-jenis perencanaan dapat dilihat dari berbagai sisi. Ada yang melihat dari perbedaan isinya. Ada yang melihat dari sudut visi perencanaan. Ada yang melihat dari perbedaan luas pandang (skop) atas bidang yang direncanakan. Ada yang melihat dari institusi yang dilibatkan dan wewenang dari masing-masing institusi yang terlibat. Ada yang melihat dari sudut pengelolaan atau koordinasi antar berbagai lembaga, ada pula yang merupakan gabungan antar berbagai unsur yang telah disebutkan. Ada yang mengategorikannya sebagai jenis perencanaan, tetapi ada pula yang mengategorikannya sebagai tipe-tipe perencanaan. Jenis atau tipe perencanaan dapat berbeda di antara satu negara dengan negara lain, juga bahkan di antara satu sektor dengan sektor lain dalam satu negara. Hal ini berarti dalam suatu negara akan ada kombinasi berbagai jenis perencanaan tergantung kondisi lingkungan di mana perencanaan itu ditetapkan.
Glasson (1974) menyebutkan tipe-tipe perencanaan adalah:
1. Physical planning and economic planning.
2. Allocative and innovative planning.
3. Multi or single objective planning.
4. Indicative or imprerative planning.
Di Indonesia juga dikenal jenis top-down and bottom-up planning, vertical and horizontal planning, dan perencanaan yang melibatkan masyarakat secara langsung dan yang tidak melibatkan masyarakat sama sekali.








2 comments

3 Juni 2012 19.34

Perencanan/planning sangatlah penting untuk membuat kedepanx menjadi lebih baik, jika tidak ada planning kedepan sudah pasti sesuatu yang kita lakukan sekarang tidak ada tujuan dan arah yang pasti... :D

3 Juni 2012 20.23

yups betul itu sob! Kita harus memiliki tujuan sehingga apa yang kita ingin capai benar-benar dipersiapkan sebaik mungkin!

Poskan Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink