Beranda » » Banggai Kepulauan: Mutiara Yang Tersembunyi » Komentar Postingan 10 komentar



Peta Kabupaten Banggai Kepulauan



Di Ujung Timur Sulawesi letaknya. Dengan Pesona yang tak pernah terlihat berdiam dengan ribuan pulau-pulau kecil yang diikat menjadi satu. Dialah Banggai Kepulauan, sebuah kabupaten yang terbentuk berdasarkan UU No. 51 tahun 1999. Kabupaten yang memiliki berjuta keindahan dan keunikan ini seharusnya menjadi salah atu kota pariwisata di Indonesia, namun pada kenyataannya Banggai Kepulauan hanya menjadi Mutiara Yang Tersemunyi. Menyembunyikan kilauannya dari suasana luar. Entah apa yang menyebabkan daerah yang cantik nan elok ini tidak begitu dipandang sebagai daerah wisata yang menakjubkan. Coba kita mengintip sedikit tentang pesona Mutiara Yang Tersembunyi ini.



Fotoku di Mandel (Salah Ssatu Daerah di Banggai Kepulauan)



Nah gamabar diatas merupakan salah satu contoh keindahan Banggai Kepulauan, gambar yang terlihat dalam foto tersebut terletak di Kecamatan Totikum tepatnya di Desa Kombutokan. Tempat ini biasa disebut dengan Mandel. Entah apa makna dari nama tersebut yang pastinya aku suka lokasi ini. Berikut ini foto-foto lainnya di lokasi Mandel dengan nuansa pantai yang begitu menakjubkan.


Mandel 1




Mandel 2




Mandel 3



Mandel 4



Mandel 5




Mandel 6




Mandel 7




Mandel 8




Mandel 9




Mandel 10


Nah keren-keren kan fotonya? Yah gambar diatas merupakan gambar-gamabar di daerah yang menurutku cukup menawan untuk dijadikan daerah wisata, nama daerahnya yaitu Mandel (Suatu daerah di Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan. Keindahan pesona pantainya yang menakjubkan kiranya memiliki nilai jual yang dapat mengembangkan daerah tersebut. Namun sebagai mutiara yang tersembunyi, daerah tersebut walau memiliki pesona yang indah namun tidak mendapatkan perawatan yang baik seningga fasilitas sebagai daerah wisata tidak dimiliki oleh daerah tersebut. 
Sebelum lanjut ke lokasi berikutnya sebaiknya santai sejenak sambil minum kopi, he,,,he,,, Ngeposting daerah sendiri jadi pengen pulang kampung, ingat orang tua di kampung,, cup...cup... 
Oke tadi kita telah melihat pesona yang dimiliki kecamatan Totikum, sekarang kita beralih ke kecamatan Bulagi. Ini dia Kecamatan tempat kelahiran kedua orang tuaku. Penasaran bagaimana rupa sang Mutiara tersembunyi di daerah Bulagi? Baiklah nih aku kasi foto-foto daerah Kecamatan Bulagi yang sempat aku abadikan semoga yang melihat foto tersebut ingin mengunjungi daerah mutiara yang tersembunyi, he,,,he,,, Ni dia gambarnya.........


Bulagi 1



Bulagi 2


Bulagi 3


Bulagi 4



Bulagi 5




Bulagi 6



Bulagi 7


Bulagi 8




Bulagi 9



Bulagi 10


Bulagi 11

Bagaimana udah mulai kedinginan dengan nuansa air dingin yang alami dari dalam tanah? Aku masih teringat kalau mandi di tempat itu hanya bertahan beberapa menit di dalam air dah kedinginan sekali. Ingin mencoba dinginnya air Lalandai (Suatu Desa di Kecamatan Bulagi). 
Jalan-jalan di daerah Mutiara Yang Tersembunyi Memang menenangkan hati. Bukan hanya dari segi alamnya yang menarik namun dari segi sosial budaya pun ikut memiliki keunikan yang memiliki nilai jual yang tinggi. Sebagai bukti keindahan Banggai Kepulauan SCTV salah satu stasiun TV Nasional pernah mengunjungi dan mempublikasikan daerah tersebut. 

Video Dokumentasi SCTV



 

Pesona alam Banggai Kepulauan (Mutiara Yang Tersembunyi) menguak hewan endemik yang hanya hidup di daerah banggai kepulauan yaitu cardinal fish. Cardinal Fish menambah keunikan pesona bawah laut Banggai Kepulauan. Kunikannya keindahannya hewan endemik tersebut seharusnya menjadi modal besar bagi pemerintah untuk menjual pesona yang dimiliki Banggai Kepulauan.

Cardinal Fish (Hewan Endemik Banggai Kepulauan)


Tidak terasa jala-jalan kita di daerah Mutiara Yang Tersembunyi dah Hampir di penghujung namun perlu kita lihat terlebih dahulu keunikan salah satu budaya yang tersimpan di daerah Banggai Kepulauan ini. Masyarakat Banggai Kepulauan biasa menyebutnya dengan Ba O'de. Ba O'de merupakan sebuah lantunan suara yang berisi pesan-pesan tertentu. Berikut ini Video Seorang Nenek yang lagi Ba O'de dengan suaranya yang melengking.

Ba O'de Budaya Banggai Kepulauan


Akhirnya capek juga jalan-jalannya di daerah Mutiara Yang Tersembunyi (Banggai Kepulauan).

Banggai Kepulauan memiliki keunikan tersendiri dari segi kekayaan alam maupun kekayaan sosial budaya. Pengemabangan Banggai Kepulauan menjadi daerah wisata kiranya menjadi sebuah peluang besar untuk mengembangkan Banggai Kepulauan yang lebih maju. Banggai Kepulauan seharusnya tidak Menjadi Mutiara Yang Tersembunyi namun harus ditunjukkan kilauannya kepada publik. Sudah sepantasnya keunikan dan keragaman yang dimiliki bangsa ini dipublikasikan dan dijual untuk orang lain. Jika kita tidak bisa lebih maju dalam bidang industri melawan negara-negara lain, setidaknya kita harus menjadi No. 1 di bidang pariwisata. Karena pada hakikatnya alam kita memang kaya dan pantas kekayaan kita itu untuk dijual dengan harga yang pantas bukan untuk dirusak. 
Kita seharusnya lebih memfokuskan untuk mengembangkan dunia pariwisata ketimbang berupaya untuk maju dengan dunia industri. Perhatian kepada daerah-daerah potensi wisata kiranya sangat ditunggu-tunggu.
Salah satu daerah yang menunggu untuk dikembangkan dengan intensif yaitu Banggai Kepulauan. Potensi yang dimiliki Banggai Kepulauan seharusnya bisa menjadi Mutiara Yang bersinar di Dunia Publik bukan tersembunyi dibalik keindahannya. 

10 comments

Anonim
26 Desember 2011 03.19

Mantap..., mengangkat daerah sndri. Bangkep, keren abizzz...!

Anonim
26 Desember 2011 03.26

Ajakin kesana dong....!!!!

26 Desember 2011 03.40

Makasih dah mampir, nanti kita pergi sama-sama aja ya! he,,,he,,,

1 Februari 2012 20.24

Mantap brooo, tempatnya eksotis dah!

1 Februari 2012 23.38

He,,he,,, iya, makasih banget, jalan-jalan ke tempatku tuh!

7 Februari 2012 02.41

mantap2 pemandangannya bro...

7 Februari 2012 03.21

He,,,he,,,, makasih sob! Yah begitulah daerah yang gak termanajemen dengan bagus!

8 Maret 2012 22.29

Mantap brow.......
emank banggai mempunyai pemandangan alam yang indah...........

8 Maret 2012 22.38

he,,,hee,,, btul banget, ke ingat waktu d kampung!

13 Juli 2012 03.03

nice picture,
I love bangkep

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink