Beranda » » » Analisis Pengembangan Potensi Ekonomi Kabupaten Kota di Proponsi Sulawesi Tengah » Komentar

Oleh Muhamad Iksan

Adanya fenomena potensi ekonomi unggulan serta klasifikasi daerah Kabupaten Kota di Propinsi Sulawesi Tengah belum teridentifikasi dan dimanfaatkan secara optimal untuk pengembangan pembangunan. Bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sektor-sektor basis unggulan, yang mempunyai daya saing kompetitif dan spesialisasi di masing-masing Kabupaten Kota, menentukan tipologi daerah dan prioritas sektor basis guna pengembangan pembangunan Kabupaten Kota.

Kabupaten/Kota mempunyai potensi masing-masing sesuai dengan kondisinya namun sektor Pertanian masih merupakan sektor basis yang dominan di Propinsi Sulawesi Tengah karena 9 Kabupatennya mempunyai basis/unggulan di sektor ini, sedangkan sektor lainnya bervariasi khusus sektor Pertambangan dan industri Pengolahan hanya dimiliki Kota Palu sekaligus sebagai kota yang paling banyak memiliki sektor basis ( 8 Sektor basis). Tidak satupun Kabupaten/Kota yang masuk kriteria pertama yakni notasi overlay ketiga komponen bertanda positif (+++), sebaliknya terdapat 4 Kabupaten yang memiliki sektor ekonomi yang bernotasi negatif untuk ketiga komponen (---) dengan sektor yang sama. Demikian pula hasil analisis Shift – Share menunjukkan bahwa tidak terdapat sektor yang mempunyai keunggulan kompetitif di semua Kabupaten/Kota di Propinsi Sulawesi Tengah, tetapi memiliki spesialisasi. Sektor Listrik, Gas, Air Bersih dan sektor Perdagangan,Hotel,Restoran dan sektor jasa-jasa mempunyai spesialisasi di 6 Kabupaten/Kota; Sektor Industri Pengolahan; Pengangkutan Komunikasi dan Sektor Keuangan,Persewaan dan Jasa Perusahaan 5 Kabupaten/Kota ; Sektor Pertanian; sektor Pertambangan Penggalian 4 Kabupaten/Kota.

Silahkan download makalah lengkap nya di sini

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung! Jangan lupa tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya, tetapi maaf tidak menerima komentar anonim (NOT ALLOWED ANONYMOUS COMMENTS), silahkan pilih nama/url (PLEASE SELECT NAME/URL)!

Copyright © 2012 CSAP™ / Original Template by : Urangkurai / Redesign by : Ady Blink